Bawaslu Sumut Lounching Kampung Pengawasan di Desa Simpang Empat Asahan

Ketua Bawaslu Sumut didampingi Ketua Bawaslu Asahan serta forkopimda saat memotong pita posko kampung pengawasan di Desa Simpang Empat Asahan (Kerangsatu.com)

Kerangsatu.com-Kisaran. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara dan Bawaslu Kabupaten Asahan melaksanakan lounching Kampung Pengawasan di Desa Simpang Empat Kecamatan  Simpang Empat Kabupaten Asahan.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, M Aswin Deapari Lubismengatakan keberadaan Kampung Pengawasan diharapakn bisa mendorong pelaksanaan Pemilihan serentak tahun 2024 berdasarkan asas pemilihan yaitu langsng, umum, bebas, jujur dan adil, serta dapat meningkatkan pengawasan partisipasi masyarakat.

“ Mari kita jaga kondisifitas keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan pemilihan berjalan aman dan damai, jangan gara-gara pilkada hilang kebersamaan kita,” ucap Aswin, Rabu (23/10/2024)

Aswin juga meminta masyarakat jangan cepat terpengaruh atas berita-berita yang belum diketahui sumbernya (Hoax) serta tidak terlibat dalam money politik, karena dalam Undang-undang dan Perbawaslu pemberi dan penerima dapat di pidana dalam Pidana Pemilihan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan Zainal Arifin Sinaga mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengapresiasi atas pelaksanaan launching kampung pengawasan.Tentunya diharapkan bisa menjadi media edukasi sekaligus sebagai saranan Bawaslu untuk membumikan pengawasan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Asahan, Paringgonan Siregar juga berharap dengan adanya kampong pegawasan diharapkan pengawasan partisipasi masyarakat akan lebih meningkat lagi, khususnya dalam mencegah potensi dugaan pelanggaran pemilihan tahun 2024. “ Mari kita awasi bersama pesta demokrasi pilgubsu dan pilkada di Asahan,” ucap Paringgonan.

Dalam pelaksanaan lounching kampung pengawasan, para forkopimda dan anggota DPRD disematkan tajak oleh Bawaslu Asahan dan dilanjutkan dengan pemotongan gunting pita Posko Kampung Pengawasan. Peresmian kampong pengawasan ditandai dengan pelepasan burung merpati.

Editor : Indra Sikoembang

 

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال